PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI TRACER STUDY POLITEKNIK ‘AISYIYAH BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN DESIGN THINKING

YUDHIESTIRA, NOKY (2024) PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI TRACER STUDY POLITEKNIK ‘AISYIYAH BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN DESIGN THINKING. Diploma thesis, 'Aisyiyah Pontianak Polytechnic.

[thumbnail of PENDAHULUAN]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of INTISARI]
Preview
Text (INTISARI)
INTISARI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan tinggi membutuhkan sistem manajemen data yang efisien untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan informasi. Politeknik Aisyiyah Pontianak membutuhkan aplikasi desktop yang dapat membantu dalam melacak dan mengelola data mahasiswa serta materi perkuliahan dengan lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang user interface (UI) dan user experience (UX) yang optimal untuk aplikasi Treacer Studi, sehingga dapat memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan dan meningkatkan produktivitas dalam pengelolaan data studi. Penelitian ini menggunakan pendekatan design thinking dalam merancang UI dan UX aplikasi Treacer Studi. Desain penelitian ini melibatkan analisis kebutuhan pengguna, pengembangan prototipe iteratif, serta pengujian dan evaluasi terhadap prototipe tersebut. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Agile untuk memastikan fleksibilitas dan adaptabilitas dalam proses pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan design thinking, telah berhasil dirancang UI dan UX yang intuitif dan mudah digunakan pada aplikasi Treacer Studi. Prototipe aplikasi ini telah diuji secara iteratif dengan melibatkan pengguna, dan feedback yang diperoleh telah diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas aplikasi. Kesimpulan utama dari penelitian ini adalah bahwa desain UI dan UX yang baik dapat meningkatkan efektivitas pengguna dalam pengelolaan data studi, serta meningkatkan kepuasan pengguna terhadap pengalaman pengguna aplikasi. Sebagai saran utama, disarankan untuk terus melakukan pembaruan dan perbaikan berkelanjutan berdasarkan umpan balik pengguna guna memastikan aplikasi Treacer Studi tetap relevan dan bermanfaat bagi pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, User Interface, User Experience,Tracer, Politeknik Aisyiyah
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Information Technology > Information Technology
Depositing User: Editor Polita
Date Deposited: 12 Dec 2024 02:19
Last Modified: 12 Dec 2024 02:19
URI: http://repository.polita.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item
View Item